Laman

ANAK

Jumat, 20 Juli 2012

JAZZ

Jazz adalah sebuah gaya musik Amerika yang berasal sekitar awal abad ke-20 di komunitas Afrika Amerika di selatan dari campuran tradisi musik Afrika dan Eropa. Jazz kata dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat derivasi yang tidak pasti dan pertama kali digunakan untuk merujuk kepada musik di Chicago pada sekitar 1915. Kata mungkin awalnya dieja "Jass, atau JAST", dan telah berspekulasi bahwa itu adalah awalnya slang untuk seks, sementara beberapa berpikir itu mungkin telah menjadi istilah untuk ganja. Pada kenyataannya tidak ada yang tahu pasti.

Jazz telah bercabang ke berbagai gaya, dari Dixieland dari awal 1910-an, band ayunan besar di 30-an dan '40s, Be-Bop di '40s pertengahan, berbagai fusi jazz Latin seperti Afro-Kuba dan Brasil jazz dari tahun 50-an dan 60-an, jazz-rock fusion dari 70-an dan perkembangan kemudian seperti acid jazz, dan terus, (seperti semua bentuk musik), berada dalam keadaan konstan evolusi; New Orleans Dixieland, swing, jazz Eropa, Ragtime, Bebop, jazz Cool, jazz Latin, jazz Gratis, jazz Fusion, jazz Soul, jazz progresif, dll ...
Instrumen kuningan dan buluh yang digunakan dalam marching band dan band dansa menjadi instrumen dasar jazz. Band kecil musisi mengajarkan diri memainkan peran utama dalam pengembangan dan penyebaran gerakan jazz awal, bepergian ke seluruh bagian selatan dan, akhirnya, (melalui tempat dari vaudeville), untuk barat dan utara negara bagian.
Melalui larangan tahun jazz pindah ke klub bawah tanah, dan speakeasies menjadi tempat utama untuk musik. Mungkin karena popularitasnya dalam klub jazz mendapat reputasi sebagai tidak bermoral dan tentu saja, karena dengan semua bentuk-bentuk baru dari musik, generasi sebelumnya dianggap sebagai ancaman terhadap nilai-nilai lama dan melihatnya sebagai mempromosikan dekadensi 20-an Roaring .
1930-an melihat munculnya Band didominasi putih Big Swing, dan jazz pindah dari lemari ke pusat perhatian, menjadi sangat populer selama tahun-tahun perang, (itu WW1). Ayunan juga musik dansa dan itu disiarkan di gelombang udara di seluruh Amerika selama bertahun-tahun. Sebagai segregasi rasial mulai rileks, pemain lebih hitam bergabung dengan band besar, dan ditambah pengaruh lain untuk suara, menciptakan suara musik blues melompat sangat dipengaruhi oleh The Blues.
Free jazz atau progresif, yang berakar pada bebop, menggunakan bahan kurang komposisi dan memungkinkan pemain lebih banyak kebebasan untuk berimprovisasi dalam semacam harmoni longgar dan tempo. Bebop sendiri membawa banyak perubahan pada gaya jazz dengan penggunaan dari skala kromatik dan struktur musik yang kompleks, menjadi lebih dari "musik musisi", bukan bentuk musik dansa.
Pada akhir 60-an dan 70-an awal bentuk hibrida jazz-fusion rock-lahir. Meskipun "puritan" protes ini campuran jazz dan rock, beberapa angka signifikan dari adegan jazz menyeberang dari adegan bebop kontemporer keras ke fusi. Jazz fusion sering menggunakan meter campuran aneh, tanda tangan waktu, sinkopasi, akord kompleks dan harmoni, pada dasarnya sebuah "apa saja" bentuk jazz, yang mengambil ekspresi dan eksperimen ke tingkat baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar