Laman

ANAK

Jumat, 20 Juli 2012

Reggae

Reggae adalah genre musik pertama kali dikembangkan di Jamaika pada akhir tahun 1960. Meskipun kadang-kadang digunakan dalam pengertian yang lebih luas untuk merujuk pada sebagian besar jenis musik Jamaika, reggae istilah yang lebih baik menunjukkan gaya musik tertentu yang berasal mengikuti pada pengembangan ska dan rocksteady. Reggae didasarkan pada gaya berirama ditandai dengan denyut teratur pada ketukan-off, yang dikenal sebagai pelacur tersebut. Reggae biasanya lebih lambat dari ska, dan biasanya memiliki aksen pada ketukan pertama dan ketiga di setiap batang.
Lirik lagu reggae berurusan dengan banyak mata pelajaran, termasuk agama, cinta, seksualitas, perdamaian, hubungan, kemiskinan, ketidakadilan dan masalah sosial dan politik lainnya. Toots Hibbert & The Maytals
Para reggae kata sebagai istilah musik pertama kali muncul di media cetak dengan hit 1968 rocksteady "Apakah Reggay" oleh The Maytals , tapi itu sudah digunakan di Kingston, Jamaika sebagai nama tarian lambat dan gaya rocksteady. Sebagai artis Reggae Derrick Morgan menyatakan:. "Kami tidak menyukai nama batu mantap, jadi saya mencoba versi yang berbeda dari 'Fat Man' itu mengubah irama lagi, digunakan organ merayap Kelinci Lee, produser, suka. itu. Dia menciptakan suara dengan organ dan gitar itu terdengar seperti ', reggae reggae' dan nama yang baru saja berangkat.. Kelinci Lee mulai menggunakan dunia dan segera semua musisi mengatakan 'reggae, reggae, reggae ".
Clancy Eccles Reggae sejarawan Steve Barrow credits Eccles Clancy dengan mengubah logat kata streggae Jamaika ("perempuan nakal") ke reggae. Namun, Toots Hibbert berkata: "Ada kata yang kita biasa menggunakan di Jamaika yang disebut 'streggae' Jika seorang gadis sedang berjalan dan orang-orang memandangnya dan berkata 'Man, dia streggae' itu berarti dia tidak berpakaian dengan baik, dia. terlihat compang-camping Gadis-gadis akan mengatakan bahwa tentang laki-laki juga. Pagi ini salah saya dan kedua teman saya sedang bermain dan aku berkata, 'OK manusia, mari kita lakukan reggay itu.'. Itu hanya sesuatu yang keluar dari mulut saya Jadi kita hanya mulai bernyanyi 'Apakah reggay, lakukan reggay' dan menciptakan beat. Orang mengatakan kepada saya kemudian bahwa kita telah memberikan suara nama itu.. Sebelum itu orang menyebutnya biru -beat dan semua jenis hal-hal lain Sekarang dalam Guinness World of Records "..
Bob Marley dikatakan telah mengklaim bahwa reggae kata berasal dari istilah Spanyol untuk "musik raja". Catatan liner dari Untuk Raja, kompilasi Kristen Injil reggae, menunjukkan bahwa reggae kata berasal dari makna regis Latin "kepada raja."
Meskipun sangat dipengaruhi oleh musik Afrika dan Karibia tradisional, serta dengan irama Amerika dan blues, reggae berutang asal langsung untuk pengembangan progresif ska dan rocksteady di tahun 1960-an Jamaika.
Musik ska pertama muncul di studio Jamaika selama bertahun-tahun 1959 dan 1961, itu sendiri merupakan pengembangan dari sebelumnya mento genre. Ska ditandai dengan garis bass berjalan, gitar atau menonjolkan irama piano pada offbeat, dan kadang-kadang jazz seperti riff tanduk. Selain popularitas yang sangat besar di tengah busana anak Jamaika kasar, pihaknya telah memperoleh banyak pengikut di kalangan mods di Inggris oleh 1964. Menurut Barrow, anak laki-laki kasar mulai sengaja bermain mereka catatan ska dengan kecepatan setengah, lebih memilih untuk menari lebih lambat sebagai bagian dari gambar yang sulit mereka. Bob Marley
Pada pertengahan 1960-an, banyak musisi mulai memainkan tempo ska lebih lambat, sementara menekankan bass berjalan dan offbeats. Suara lambat bernama rocksteady, setelah tunggal oleh Alton Ellis. Fase ini musik Jamaika hanya berlangsung sampai 1968, ketika musisi mulai memperlambat tempo musik lagi, dan menambahkan namun efek yang lebih. Hal ini menyebabkan penciptaan reggae.
Pergeseran dari rocksteady untuk reggae digambarkan oleh shuffle organ dipelopori oleh Kelinci Lee, dan ditampilkan dalam single transisi "Katakanlah Yang kaukatakan" (1967) oleh Eccles Clancy, dan "Orang Boy Lucu" (1968) oleh Lee " Gores "Perry. "1967 lagu" Long shot Bus 'Perintis Me Bet "telah diidentifikasi sebagai contoh tercatat paling awal dari suara irama baru yang akan segera menjadi dikenal sebagai reggae.
Awal 1968 adalah ketika bona fide pertama catatan reggae muncul menjadi: "Nanny Kambing" oleh Larry Marshall dan "No More Pasangan Jiwa" oleh The Beltones. Musik sejarawan Piero Scaruffi credits 1968 hit Amerika artis Johnny Nash "Hold Me Tight" dengan menempatkan pertama di tangga lagu reggae pendengar Amerika.

The Wailers
The Wailers , band yang dimulai oleh Bob Marley , Peter Tosh dan Bunny Wailer pada tahun 1963, umumnya setuju untuk menjadi kelompok yang paling mudah dikenal di seluruh dunia yang membuat transisi melalui semua tiga tahap, dari hits ska seperti "Simmer Down", melalui rocksteady lebih lambat, dan mereka juga berada di antara pionir yang signifikan yang dapat disebut akar reggae, bersama dengan Prince Buster , Desmond Dekker , Jackie Mittoo dan beberapa lainnya. Beberapa produsen lain Jamaika penting yang sangat berpengaruh dalam pengembangan ska menjadi rocksteady dan reggae di tahun 1960 termasuk Coxsone Dodd , Lee "Scratch" Perry , Leslie Kong , Duke Reid , Joe Gibbs dan Raja gendut . Lain produsen awal adalah Chris Blackwell , yang mendirikan Island Records di Jamaika pada tahun 1960, kemudian pindah ke Inggris pada 1962, di mana ia melanjutkan untuk mempromosikan musik Jamaika. Dia membentuk kemitraan dengan Rekor Trojan, didirikan oleh Lee Gopthal pada tahun 1968. Trojan merilis rekaman reggae oleh seniman di Inggris sampai tahun 1974, ketika dibeli Saga label. Jimmy Cliff
Film 1972 The Harder Mereka Ayo, dibintangi Jimmy Cliff , dihasilkan bunga yang cukup besar dan popularitas untuk musik reggae di Amerika Serikat, dan 1974 penutup Eric Clapton dari lagu Bob Marley "Saya Ditembak Sheriff" membantu membawa reggae ke mainstream. Pada pertengahan 1970-an, reggae mulai bermain radio di Inggris pada acara radio John Peel, dan John terus memainkan reggae lebih sepanjang karirnya. Apa yang disebut "Golden Age of Reggae" pertama sesuai dengan kasar zaman keemasan reggae akar. Selama paruh kedua 1970-an, punk rock scene Inggris mulai membentuk, dan beberapa DJ punk memainkan lagu-lagu reggae selama set mereka. Beberapa band punk, seperti The Clash , celah , The Police , dan The rutinitas , dimasukkan pengaruh reggae dalam musik mereka. Pada saat yang sama, reggae mulai menikmati kebangunan rohani di Inggris yang berlanjut sampai 1980-an, dicontohkan oleh kelompok-kelompok seperti Steel Pulse , Aswad , UB40 , dan Pemuda Musik . Artis lain yang menikmati banding internasional pada awal tahun 1980 termasuk Dunia Ketiga , Hitam Uhuru dan Gula Minott . Penghargaan Grammy memperkenalkan kategori Best Album Reggae pada tahun 1985, yang dimenangkan tahun itu oleh LP Anthem Hitam Uhuru itu.
Bersifat Reggae adalah baik bermain di 4/4 waktu atau waktu ayunan, karena pola berirama simetris tidak meminjamkan diri dengan tanda tangan waktu lain seperti 3/4 waktu. Harmonis, musik sering sangat sederhana, dan kadang-kadang seluruh lagu akan memiliki lebih dari satu atau dua akord. Struktur-struktur akord sederhana berulang-ulang menambah efek reggae itu kadang-kadang hipnosis. Sebuah drum kit standar umumnya digunakan, tapi snare drum sering disetel sangat tinggi untuk memberikan suara timbale-jenis. Beberapa drumer reggae menggunakan timbale tambahan atau tinggi-tuned snare untuk mendapatkan suara ini. Cross-tongkat teknik pada snare drum yang umum digunakan, dan tom-tom drum sering dimasukkan ke dalam genderang itu sendiri.
Gregory Isaacs
Drumbeats reggae jatuh ke dalam tiga kategori utama: Satu tetes, Rockers dan Steppers. Dengan drop Satu, penekanannya adalah sepenuhnya pada ketukan ketiga bar (biasanya di jerat, atau sebagai pelek ditembak dikombinasikan dengan bass drum). Mengalahkan salah satu benar-benar kosong, yang sangat tidak biasa dalam musik populer. Ada beberapa kontroversi tentang apakah reggae harus dihitung sehingga mengalahkan ini jatuh pada 3, atau apakah itu harus dihitung setengah lebih cepat sehingga jatuh pada 2 dan 4. Artikel ini mengikuti konvensi menempatkan mengalahkan pada 3. Banyak kredit Carlton Barrett dari The Wailers sebagai pencipta gaya ini, meskipun sebenarnya mungkin telah ditemukan oleh Winston Grennan . Contoh dimainkan oleh Barrett dapat didengar dalam Bob Marley dan Wailers lagu "One Drop". Barrett sering digunakan sebuah triplet lintas ritme yang tidak biasa pada hi-hat, yang dapat didengar pada rekaman banyak oleh Bob Marley dan Wailers, seperti "Running Away" di album Kaya.
Penekanan pada mengalahkan tiga adalah di semua drumbeats reggae, tetapi dengan irama Rockers (diucapkan seperti "parau"), penekanan juga pada mengalahkan satu (biasanya pada bass drum). Mengalahkan ini dirintis oleh duo inovatif produktif Sly dan Robbie Shakespeare Dunbar dan Robbie, Sly, yang kemudian juga membantu menciptakan "Rub-a-Dub" suara yang sangat dipengaruhi Dancehall. Contoh mengalahkan Rockers adalah di "Perawat Malam" oleh Gregory Isaacs . Denyut Rockers tidak selalu mudah, dan berbagai syncopations sering disertakan. Contoh dari ini adalah lagu Uhuru Black "Sponji Reggae."

Dalam Steppers, bass drum memainkan empat ketukan padat ke bar, memberikan mengalahkan drive ngotot. Contohnya adalah "Keluaran" oleh Bob Marley dan Wailers. Nama lain yang umum untuk mengalahkan Steppers adalah "empat di lantai". Denyut Steppers juga diadopsi (di tempo lebih tinggi) oleh beberapa 2 band ska kebangkitan Nada dari akhir 1970-an dan awal 1980-an. Contohnya termasuk "Stand Bawah Margaret" oleh The Beat dan "Terlalu Banyak Terlalu Muda" oleh The Specials . Karakteristik yang tidak biasa dari reggae drum adalah bahwa drum mengisi sering tidak diakhiri dengan simbal klimaks. Berbagai macam instrumentasi perkusi lainnya digunakan dalam reggae. Bongos sering digunakan untuk bermain bebas, improvisasi pola, dengan penggunaan berat Afrika-gaya cross-irama. Cowbells, kastanyet dan pelopor cenderung memiliki peran lebih pasti dan pola yang ditetapkan.
Gitar bass sering memainkan peran yang sangat dominan dalam reggae, dan drum dan bass sering disebut Riddim tersebut. Beberapa penyanyi reggae telah merilis lagu yang berbeda direkam selama Riddim yang sama. Peran sentral dari bass bisa sangat didengar dalam musik dub, yang memberikan peran lebih besar dengan garis drum dan bass, mengurangi vokal dan instrumen lainnya untuk peran perifer. Suara bass di reggae tebal dan berat, dan menyamakan kedudukan sehingga frekuensi atas dihapus dan frekuensi yang lebih rendah ditekankan. Garis bass sering merupakan riff dua-bar sederhana yang berpusat di sekitar catatan paling tebal dan terberat.
Ritme gitar di reggae biasanya memainkan akord pada ketukan dua, dan empat tokoh musik yang dikenal sebagai pelacur atau 'bang'. Hal ini sangat basah, suara memotong pendek dan gatal, hampir seperti alat musik perkusi. Kadang-kadang memotong ganda digunakan ketika gitar masih memainkan ketukan off, tapi juga memainkan ketukan 8 berikut pada up-stroke. Contohnya adalah intro untuk "Stir It Up" oleh The Wailers.
Dari akhir 1960-an hingga awal 1980-an, piano pada umumnya digunakan dalam reggae untuk menggandakan pelacur ritme gitar, bermain akord dalam gaya staccato untuk menambahkan tubuh, dan bermain denyut ekstra sesekali, berjalan dan riff. Bagian piano secara luas diambil alih oleh synthesizer selama tahun 1980, meskipun synthesizer telah digunakan dalam peran perifer sejak tahun 1970 untuk bermain melodi insidental dan countermelodies. Band yang lebih besar mungkin mencakup baik keyboardist tambahan, untuk menutup atau mengganti tanduk dan garis melodi, atau kibor utama mengisi peran-peran ini pada dua atau lebih keyboard. Yang terakhir ini telah menjadi semakin populer sebagai teknologi keyboard yang membaik. Shuffle reggae-organ unik untuk reggae. Biasanya, Hammond organ-gaya suara digunakan untuk memainkan akord dengan nuansa berombak. Ini dikenal sebagai gelembung. Ada pengaturan drawbar spesifik digunakan pada konsol Hammond untuk mendapatkan suara yang benar. Ini mungkin irama reggae keyboard yang paling sulit. Beats 8 yang dimainkan dengan pola ruang-kiri-kanan-kiri-space-kiri-kanan-kiri.
The Mighty Diamonds
Bagian tanduk yang sering digunakan dalam reggae, sering bermain perkenalan dan kontra-melodi. Instrumen termasuk dalam bagian tanduk reggae khas termasuk saksofon, terompet dan / atau trombone. Pada zaman yang lebih baru, tanduk nyata kadang-kadang diganti dalam reggae oleh synthesizer atau sampel yang direkam. Bagian tanduk sering diatur sekitar tanduk pertama, memainkan melodi melodi sederhana atau counter. Tanduk pertama biasanya disertai dengan tanduk kedua memainkan frase melodi yang sama di unision, satu oktaf lebih tinggi. Tanduk ketiga biasanya memainkan melodi satu oktaf dan seperlima lebih tinggi dari tanduk pertama. Tanduk umumnya dimainkan cukup lirih, biasanya menghasilkan suara menenangkan. Namun, terkadang punchier, frase keras yang dimainkan untuk suara yang lebih up-tempo dan agresif.
Vokal di reggae kurang dari ciri khas dari genre daripada instrumentasi dan irama. Hampir setiap lagu dapat dilakukan dalam gaya reggae. Bagian harmoni vokal yang sering digunakan, baik di seluruh melodi (seperti dengan band The Diamonds Perkasa ), atau sebagai tandingan ke garis vokal utama (seperti dengan kelompok dukungan I-Threes). Para reggae Inggris Band Baja Pulse digunakan vokal latar sangat kompleks. Sebuah aspek yang tidak biasa bernyanyi reggae adalah bahwa banyak penyanyi penggunaan tremolo (osilasi volume) bukan vibrato (osilasi pitch). Eksponen Terkemuka dari teknik ini termasuk Dennis Brown dan Horace Andy . Gaya vokal pemanggangan adalah unik untuk reggae, berasal ketika DJ improvisasi bersama untuk menjuluki trek, dan umumnya dianggap menjadi pelopor untuk rap. Ini berbeda dari rap terutama dalam hal itu umumnya melodi, sementara rap umumnya lebih bentuk diucapkan tanpa konten melodi.
Reggae terkenal karena tradisi kritik sosial, meskipun lagu-lagu reggae banyak membahas lebih ringan, mata pelajaran yang lebih pribadi, seperti cinta, seks dan bersosialisasi. Banyak band-band reggae awal juga dibahas Motown atau Atlantik jiwa dan nomor funk. Beberapa lirik reggae mencoba untuk meningkatkan kesadaran politik dari para penonton, seperti dengan mengkritik materialisme, atau dengan memberi informasi pendengar tentang subyek kontroversial seperti Apartheid. Banyak lagu-lagu reggae mempromosikan penggunaan ganja (juga dikenal sebagai herbal atau ganja), dianggap suatu sakramen dalam gerakan Rastafari. Ada banyak seniman yang memanfaatkan tema religius dalam musik mereka, apakah itu membahas topik agama, atau hanya memberikan pujian kepada Allah Jah Rastafari. Umum lainnya sosio-politik topik dalam lagu-lagu reggae termasuk nasionalisme hitam, anti-rasisme, anti-kolonialisme, anti-kapitalisme, kritik terhadap sistem politik dan "Babel", dan promosi merawat kebutuhan generasi muda.
Buju Banton
Beberapa dancehall / ragga seniman telah dikritik karena homofobia, kadang-kadang termasuk ancaman kekerasan. Buju Banton 's lagu "Boom Bye-Bye" menyatakan bahwa kaum gay "haffi mati" ("harus mati"). Dancehall seniman lain yang telah dituduh homofobia termasuk Elephant Man ("Bila Anda mendengar lesbian diperkosa / Bukan salah kami ... Dua wanita di tempat tidur / Itu dua Sodom yang harus mati."), Bounty Killer (yang di lagu mendesak pendengar untuk membakar "Mister Fagoty") dan Beenie Man . Kontroversi seputar anti-gay lirik menyebabkan pembatalan tur Inggris oleh Beenie Man dan Sizzla . Setelah melobi dari koalisi Musik Pembunuhan Berhenti, industri musik dancehall disepakati pada tahun 2005 untuk berhenti melepaskan lagu-lagu yang mempromosikan kebencian dan kekerasan terhadap orang gay. Pada Juni 2007, Beenie Man, Sizzla dan Capleton mendaftar ke UU Pengasih Reggae, dalam kesepakatan yang ditengahi dengan promotor dancehall atas dan Hentikan Pembunuhan aktivis Musik, menyangkal homofobia, dan menyetujui untuk "tidak membuat pernyataan atau melakukan lagu yang menghasut kebencian atau kekerasan terhadap siapa pun dari setiap masyarakat ". Lima seniman yang telah menjadi sasaran kampanye anti-homofobia tidak mendaftar untuk bertindak, termasuk Elephant Man, TOK , Killa Bounty, Vybz Kartel dan Buju Banton.
Reggae termasuk beberapa sub-genre, seperti akar reggae, dub, rock kekasih, dan dancehall.
Akar reggae adalah nama yang diberikan untuk jenis musik rohani yang liriknya sebagian besar adalah untuk memuji Jah (Tuhan). Tema lirik berulang termasuk kemiskinan dan ketahanan terhadap penindasan pemerintah. Banyak dari Bob Marley dan lagu Peter Tosh yang dapat disebut akar reggae. Puncak kreatif akar reggae adalah pada akhir tahun 1970, dengan penyanyi seperti Burning Spear , Gregory Isaacs, Freddie McGregor , Johnny Clarke , Horace Andy , Ijahman Lewi , Barrington Levy , Pemuda Big , dan Linval Thompson , dan band-band seperti Budaya , Israel Getaran itu, Meditations , dan Misty di Akar , bekerja sama dengan produsen studio berbagai termasuk 'Scratch' Perry dan Lee Coxsone Dodd.
Dub adalah genre reggae yang dirintis pada awal oleh 'Scratch' studio produser Lee Perry dan Raja gendut. Ini melibatkan remixing luas materi direkam, dan penekanan khusus ditempatkan pada baris drum dan bass. Teknik yang digunakan mengakibatkan lebih mendalam merasa dijelaskan oleh Raja gendut sebagai terdengar "cuma seperti gunung berapi di Yuh kepala." Augustus Pablo dan Dread Mikey adalah dua dari pendukung terkemuka awal dari gaya musik, yang berlanjut hari ini.
Gaya Rocker diciptakan selama pertengahan 1970-an oleh Sly & Robbie. Rocker digambarkan sebagai gaya mengalir, mekanik, dan agresif bermain musik reggae. Batu Pecinta sub-genre berasal dari London Selatan pada pertengahan 1970-an. Lirik yang biasanya tentang cinta. Hal ini mirip dengan ritme dan blues. Terkemuka pecinta seniman batu meliputi: Gregory Isaacs, Freddy McGregor, Denis Brown, Maxi Priest dan Beres Hammond .
Memanggang adalah gaya bernyanyi atau berbicara melalui catatan yang pertama kali digunakan oleh 1960 DJ Jamaika seperti U-Roy dan Dennis Alcapone . Gaya ini sangat dipengaruhi Jamaika DJ Kool Herc , yang menggunakan gaya di New York City pada akhir tahun 1970 untuk merintis sebuah genre baru yang dikenal sebagai hip hop atau rap. Teknik pencampuran yang digunakan dalam musik dub juga dipengaruhi hip hop.
Genre Dancehall dikembangkan sekitar tahun 1980, dengan eksponen seperti Yellowman , super Cat dan Shabba Ranks . Gaya ini ditandai dengan penyiar bernyanyi dan nge-rap atau memanggang di atas irama baku dan cepat. Ragga, (juga dikenal sebagai raggamuffin), adalah genre sub-dancehall mana instrumentasi terutama terdiri dari musik elektronik dan sampling. Terkemuka ragga seniman termasuk Shinehead dan Buju Banton.
Reggaeton adalah bentuk musik dansa yang pertama menjadi populer dengan pemuda Latino pada awal 1990-an. Menyatu reggae dan dancehall dengan genre Amerika Latin seperti cumbia (sejenis back-irama musik latin, berasal dari Kolombia), Bomba dan plena, serta hip hop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar