Laman

ANAK

Jumat, 20 Juli 2012

BLUES

Sejarah The Blues
Ada beberapa karakteristik umum untuk semua blues, karena asal-usul blues mengambil bentuknya dan itu evolusi dari keistimewaan kinerja individu. Namun, ada beberapa karakteristik yang hadir jauh sebelum penciptaan blues modern. Sebuah blues seperti awal musik adalah panggilan-dan-respon teriakan, yang merupakan "ekspresi fungsional ... gaya tanpa iringan atau harmoni dan tak terbatas oleh formalitas setiap struktur musik tertentu." Suatu bentuk ini pra-biru terdengar di lapangan budak berteriak dan hollers, diperluas menjadi "lagu solo yang sederhana sarat dengan konten emosional". Blues, seperti yang sekarang dikenal, dapat dilihat sebagai gaya musik didasarkan pada struktur harmonik Eropa dan Afrika panggilan-dan-respon tradisi, berubah menjadi interaksi suara dan gitar. Blues memiliki beberapa sub-genre, sebagian besar didasarkan pada daerah bahwa musik berasal dari dan variasi dalam gaya yang eminate dari daerah-daerah. (Boogie Woogie, British blues, Chicago Blues, blues Negara, Delta blues, Detroit blues, Listrik blues, Langsung blues, Louisiana blues, Memphis blues, New Orleans blues, New York blues, Piedmont blues, St Louis blues, Swamp blues, Berbicara blues, Texas blues, West Coast blues)
Robert Johnson
Robert Johnson, seorang berpengaruh
Delta blues musisi
Banyak Blues elemen, seperti format panggilan-dan-respon dan penggunaan catatan biru, dapat ditelusuri kembali dengan musik Afrika. Busur Diddley, alat satu senar buatan sendiri ditemukan di bagian Selatan Amerika di awal abad kedua puluh, dan banjo adalah Afrika yang diturunkan dari instrumen yang mungkin telah membantu dalam transfer teknik kinerja Afrika ke dalam kosakata musik blues awal instrumental. Musik blues kemudian diadopsi elemen dari "mengudara Ethiopia", acara penyanyi dan spirituil Negro, termasuk iringan instrumental dan harmonis. Gaya juga adalah terkait erat dengan ragtime, yang dikembangkan pada waktu yang sama, meskipun gaya warna biru lebih baik diawetkan "pola melodi asli dari musik Afrika". Blues membentuk sendiri tidak memiliki kemiripan dengan gaya melodi dari griots Afrika Barat, dan pengaruh yang samar dan lemah. Dan tidak ada bentuk musik tertentu Afrika dapat diidentifikasi sebagai nenek moyang tunggal langsung dari blues.
Blues lagu dari periode ini, seperti Belly Timbal 's atau rekaman Henry Thomas, menunjukkan struktur yang berbeda. Dua belas, delapan, atau enam belas-bar struktur berdasarkan tonik (I), subdominant (IV) dan akord dominan (V) menjadi bentuk yang paling umum. Apa yang sekarang dikenal sebagai bentuk blues 12-bar standar didokumentasikan dari sejarah lisan dari blues dan musik lembaran muncul di komunitas Afrika Amerika di seluruh wilayah di sepanjang Sungai Mississippi rendah, di Memphis, Tennessee Beale Street, dan oleh band putih di New Orleans.
Huddie Ledbetter, (Belly Lead), - Jesse James
Sejarah blues dan asal blues benar-benar sebuah evolusi blues dari musik vokal tanpa pendamping dan tradisi oral budak Afrika-Amerika dan kulit hitam pedesaan ke dalam berbagai macam gaya dan subgenre, dengan variasi regional di seluruh Amerika Serikat dan, kemudian, Eropa dan Afrika. Bentuk-bentuk musik dan gaya yang sekarang dianggap sebagai "blues" serta modern "musik country" muncul di daerah yang sama selama abad kesembilan belas di Amerika Serikat bagian selatan. Blues dicatat dan negara dapat ditemukan dari sejauh 1920-an, ketika industri rekaman populer dikembangkan dan dibuat kategori pemasaran disebut "ras musik" dan "musik orang udik" untuk menjual musik oleh orang kulit hitam untuk orang kulit hitam dan kulit putih dengan kulit putih, masing-masing.
Blues on the Ocklawaha River
Okahumkee Pada Ocklawaha, 1890 foto dari kapal wisata
dari Palatka di Florida dengan musisi hitam bermain gitar
Pada saat itu, tidak ada pembagian yang jelas antara musik "blues" dan "negara", kecuali untuk suku dari pelaku, dan bahkan yang kadang-kadang didokumentasikan tidak benar dengan perusahaan rekaman. Penelitian telah terletak asal spirituil hitam dalam eksposur budak 'untuk himne putih selatan terkait untuk membentuk musik catatan, himne dari John Wesley Methodist dilakukan oleh c-19. revivalis pengkhotbah, dan pengaruh musik kemudian Skotlandia-Irlandia. Afrika-Amerika ekonom dan sejarawan Thomas Sowell juga mencatat bahwa, selatan hitam, mantan budak penduduk yang berakulturasi untuk pada tingkat yang oleh dan antara Skotlandia-Irlandia tetangga mereka. Namun, temuan Kubik dan lain-lain juga jelas membuktikan akar Afrika penting dari ekspresi blues.
Alasan sosial dan ekonomi untuk munculnya blues tidak sepenuhnya diketahui. Penampilan pertama dari blues tidak didefinisikan dengan baik dan sering tanggal antara tahun 1870, dan 1900 jangka waktu yang bertepatan dengan Emansipasi dan, kemudian, pengembangan sendi juke sebagai tempat di mana kulit hitam pergi mendengarkan musik, tari dan sering berjudi setelah keras hari kerja, dan transisi dari perbudakan bagi hasil, skala kecil produksi pertanian dan perluasan jalur kereta api di Amerika Serikat bagian selatan.
Beberapa sarjana mencirikan perkembangan awal 1900-an dari musik blues sebagai langkah dari pertunjukan kelompok untuk gaya yang lebih individual. Mereka berpendapat bahwa perkembangan blues dikaitkan dengan kebebasan yang baru diperoleh rakyat diperbudak. Menurut Lawrence Levine, "ada hubungan langsung antara penekanan ideologi nasional pada individu, popularitas ajaran Booker T. Washington, dan kebangkitan blues." Levine menyatakan bahwa "secara psikologis, sosial, dan ekonomi, Negro sedang berakulturasi dengan cara yang tidak mungkin selama perbudakan, dan itu tidak mengherankan bahwa musik sekuler mereka tercermin ini sebanyak musik religius mereka lakukan."
Sebelum perang Blues
Lembaran musik industri penerbitan Amerika menghasilkan banyak musik ragtime. Pada tahun 1912, industri kertas musik menerbitkan tiga populer blues seperti komposisi, mempercepat Tin Pan Alley adopsi elemen biru: "Baby Blues Segel '" oleh "Baby" Segel F., (diatur oleh Artie Matthews), "Dallas Blues" oleh Hart Wand dan "The Blues Memphis" oleh WC Berguna .
Berguna adalah seorang musisi dilatih secara formal, komposer dan arranger yang membantu mempopulerkan blues dengan menyalin dan mendalangi Blues dengan gaya hampir simfoni, dengan band-band dan penyanyi. Dia menjadi populer dan komposer yang produktif, dan ditagih dirinya sebagai "Bapak The Blues", namun komposisinya dapat digambarkan sebagai perpaduan dari blues dengan ragtime dan jazz, merger difasilitasi menggunakan irama Habanera Kuba yang telah lama menjadi bagian dari ragtime, yang Berguna kerja tanda tangan adalah "St Louis Blues."
Pada 1920-an, bentuk-bentuk awal musik blues menjadi elemen utama dari musik populer Afrika Amerika dan Amerika, mencapai khalayak putih melalui pengaturan Handy dan perempuan klasik biru artis. Blues berkembang dari pertunjukan informal di bar untuk hiburan di bioskop. Pertunjukan Blues diselenggarakan oleh Asosiasi Pemilik Theater Bookers di klub malam seperti Cotton Club dan sendi juke seperti bar bersama Beale Street di Memphis. Evolusi dari blues menyebabkan diversifikasi penting, dan untuk sebuah divisi yang lebih jelas antara gaya blues dan jazz. Beberapa perusahaan rekaman, seperti Corporation Rekam Amerika, Rekaman Okeh, dan Catatan Paramount, mulai merekam musik Amerika Afrika.
Sebagai industri rekaman tumbuh, pemain musik blues negara seperti Bo Carter , Blind Lemon Jefferson , Lonnie Johnson , Tampa Red dan Blind Blake menjadi lebih populer di komunitas Afrika Amerika. Kentucky kelahiran Sylvester Weaver adalah pada tahun 1923 yang pertama untuk merekam gaya gitar slide, di mana gitar yang cemas dengan pisau pisau atau leher menggergaji-off dari botol. Gitar geser menjadi bagian penting dari blues Delta. Rekaman musik blues pertama dari tahun 1920 dikategorikan sebagai, blues negara tradisional pedesaan dan lebih dipoles 'kota' atau blues perkotaan.
Negara biru artis sering improvisasi, baik tanpa iringan atau dengan hanya banjo atau gitar. Daerah gaya blues negara bervariasi secara luas di awal abad 20. The (Mississippi) Delta blues adalah gaya jarang rootsy dengan vokal bergairah diiringi gitar slide. Kecil-rekaman Robert Johnson gabungan unsur-unsur blues perkotaan dan pedesaan. Selain Robert Johnson, pemain berpengaruh dari gaya ini termasuk pendahulunya Charley Patton dan Son House . Penyanyi seperti Blind Willie McTell dan Fuller Boy Buta dilakukan dalam tradisi tenggara "lembut dan liris" blues Piedmont, yang menggunakan teknik ragtime berbasis fingerpicking gitar yang rumit. Georgia juga memiliki tradisi geser awal dengan George Carter, Curley Weaver , Tampa Red, "Barbecue Bob" Hicks dan James "Kokomo" Arnold sebagai wakil dari gaya ini.
Memphis Blues gaya hidup, yang dikembangkan pada tahun 1920 dan 1930-an dekat Memphis, Tennessee, dipengaruhi oleh band-band seperti kendi Band Jug Jug Memphis atau Cannon Gus Stompers. Pelaku seperti Frank Stokes , Blind Old Tom Anderson, Sleepy John Estes, Robert Wilkins, Brazier Big Boy, Joe McCoy dan Memphis Minnie menggunakan berbagai instrumen yang tidak biasa seperti papan cuci, kazoo biola, atau mandolin. Memphis Minnie terkenal karena gaya virtuoso gitar nya. Pianis Memphis Slim memulai karirnya di Memphis, tapi gaya berbeda nya halus dan memiliki beberapa elemen ayunan. Banyak musisi blues berbasis di Memphis pindah ke Chicago pada akhir 1930-an atau awal 1940-an dan menjadi bagian dari gerakan biru perkotaan, yang dicampur musik country dan listrik blues.
Bessie Smith
Bessie Smith, seorang penyanyi musik blues awal,
dikenal karena suara yang kuat dia.
Kota atau perkotaan biru gaya lebih dikodifikasi dan rumit sebagai seorang pemain tidak lagi dalam lokal komunitas mereka, segera dan harus beradaptasi dengan estetika khalayak, lebih besar lebih bervariasi itu. Klasik perempuan perkotaan dan penyanyi vaudeville biru yang populer pada tahun 1920, di antaranya Mamie Smith, Gertrude "Ma" Rainey , Bessie Smith , dan Victoria Spivey. Mamie Smith, lebih pemain vaudeville dari artis blues, adalah yang pertama Afrika-Amerika untuk merekam blues di 1920; rekor keduanya, "Crazy Blues," terjual 75.000 kopi di bulan pertama. Ma Rainey, "Bunda Blues," dan Bessie Smith masing-masing "sang] sekitar nada pusat, mungkin dalam rangka proyek suaranya lebih mudah ke bagian belakang ruangan." Smith akan "... menyanyikan sebuah lagu dalam kunci yang tidak biasa, dan kesenian dia di membungkuk dan peregangan catatan dengan indah contralto nya, kuat untuk mengakomodasi interpretasi sendiri adalah tak tertandingi." Penyanyi laki-laki perkotaan termasuk musisi hitam populer pada zaman tersebut, seperti Tampa Red , Big Bill Broonzy dan Leroy Carr . Sebelum Perang Dunia II, Tampa Red kadang-kadang disebut sebagai "Wizard Gitar." Carr disertai dirinya di piano dengan Scrapper Blackwell pada gitar, format yang berlanjut dengan baik sampai 50-an dengan orang-orang seperti Charles Brown , dan bahkan Nat "King" Cole.
Ma Rainey - Booze & Blues
Boogie-woogie adalah gaya lain yang penting 1930-an dan awal 1940-an biru perkotaan. Sementara gaya sering dikaitkan dengan piano solo, boogie-woogie juga digunakan untuk mengiringi penyanyi dan, sebagai bagian solo, di band dan combo kecil. Boogie-woogie gaya ditandai oleh seorang tokoh bass biasa, sebuah ostinato atau riff dan pergeseran tingkat di tangan kiri, menguraikan masing-masing chord dan trills dan dekorasi di tangan kanan. Boogie-woogie dipelopori oleh Yancey Jimmy berbasis di Chicago dan Trio Boogie-woogie (Albert Ammons, Pete Johnson dan Meade Lux Lewis). Chicago boogie-woogie pemain termasuk Clarence "Pine Top" Smith dan Earl Hines, yang "mengaitkan kiri irama pendorong dari pianis ragtime dengan angka merdu mirip dengan terompet Armstrong di tangan kanan." Gaya Louisiana kelancaran Profesor Longhair dan, belakangan, Dr John memadukan irama klasik dan blues dengan gaya blues.
Sebuah bassline boogie-woogie khas Boogie Bass
Perkembangan lain dalam periode ini adalah biru band besar. The "band wilayah" beroperasi dari Kansas City, Benny Moten orkestra, Jay McShann, dan Count Basie Orchestra juga berkonsentrasi pada blues, dengan 12-bar blues seperti instrumental Basie "One O'Clock Jump" dan "Jumpin 'di Woodside "dan riuh" blues berteriak "oleh Jimmy Rushing pada lagu seperti" Pergi ke Chicago "dan" Terkirim untuk Anda Kemarin. " Sebuah band yang terkenal lagu biru besar adalah Glenn Miller "Dalam Mood". Pada tahun 1940, gaya musik blues melompat maju. Blues Navigasi dipengaruhi oleh musik band besar dan menggunakan saxophone atau instrumen kuningan lainnya dan gitar di bagian ritme untuk membuat, jazzy up-tempo suara dengan vokal dgn rasa. Lompat lagu Blues oleh Louis Jordan dan Big Joe Turner, yang berbasis di Kansas City, Missouri, mempengaruhi perkembangan gaya kemudian seperti rock and roll dan rhythm and blues.
Awal pasca perang biru
Setelah Perang Dunia II dan pada tahun 1950, gaya baru musik blues listrik menjadi populer di kota-kota seperti Chicago, Detroit dan St Louis. Blues listrik digunakan diperkuat gitar listrik, bass listrik, drum, harmonika dan diputar melalui mikrofon. Chicago menjadi pusat untuk blues listrik di awal 1950-an. Chicago Blues dipengaruhi untuk sebagian besar oleh gaya musik blues Mississippi, karena pemain banyak yang bermigrasi dari wilayah Mississippi. Howlin 'Wolf , Muddy Waters , Willie Dixon , dan Jimmy Reed semua lahir di Mississippi dan pindah ke Chicago selama Migrasi Besar . Gaya mereka ditandai dengan penggunaan gitar listrik, kadang-kadang gitar slide, harmonika, dan bagian irama bass dan drum. JT Brown yang bermain di Elmore James atau band JB Lenoir itu, saksofon juga digunakan, tetapi ini digunakan lebih sebagai "dukungan" atau dukungan dari berirama sebagai instrumen solo.
Muddy Waters
Muddy Waters, digambarkan sebagai "
membimbing cahaya dari sekolah musik blues modern "
Sedikit Walter dan Sonny Boy Williamson dikenal pemain harmonika dari adegan Blues awal Chicago. Pemain harpa lainnya seperti Big Walter Horton juga berpengaruh. Muddy Waters dan Elmore James dikenal untuk penggunaan inovatif mereka gitar slide listrik. BB King dan Freddie King (tidak ada hubungan), yang tidak menggunakan gitar slide, adalah gitaris berpengaruh dalam gaya musik blues listrik, meskipun mereka bukan dari Chicago. Howlin 'Wolf dan Muddy Waters dikenal untuk mereka yang mendalam, suara "serak".
Bassist dan komposer Willie Dixon memainkan peran utama di panggung musik blues Chicago. Ia terdiri dan menulis banyak lagu blues standar periode, seperti "Manusia Coochie Jalang", "Aku Hanya Ingin Membuat Cinta untuk Anda" (keduanya ditulis untuk Muddy Waters) dan, "Wang Dang Doodle" dan "Kembali Man Pintu" untuk Howlin 'Wolf. Seniman sebagian besar gaya Blues Chicago direkam untuk label yang berbasis di Chicago Catur Records. Label biru lainnya yang menonjol dari era ini termasuk Rekaman JOB dan Vee-Jay Records.
Pada tahun 1950, blues memiliki pengaruh besar pada musik populer arus utama Amerika dan khususnya pada pengembangan rockabilly. Sementara musisi populer seperti Bo Diddley dan Chuck Berry dipengaruhi oleh blues Chicago, gaya antusias mereka bermain berangkat dari aspek melankolis dari blues. Pendekatan Diddley dan Berry untuk kinerja adalah salah satu faktor yang mempengaruhi transisi dari blues ke Rock 'N Roll'. Elvis Presley dan Bill Haley lebih dipengaruhi oleh blues melompat dan boogie-woogie gaya. Mereka mempopulerkan rock and roll dalam segmen putih dari populasi. Chicago Blues juga dipengaruhi Louisiana musik Zydeco, dengan Clifton Chenier menggunakan aksen blues. Musisi Zydeco digunakan gitar tunggal listrik dan pengaturan cajun standar blues.
John Lee Hooker 1997
John Lee Hooker menciptakan gaya musik blues sendiri dan
diperbaharui beberapa kali selama karir yang panjang.
Lainnya biru artis, seperti T-Bone Walker , Michael Walton dan John Lee Hooker , memiliki pengaruh tidak langsung berhubungan dengan gaya Chicago. Dallas kelahiran T-Bone Walker sering dikaitkan dengan gaya musik blues California, yang lebih licin dari Chicago blues dan merupakan transisi antara blues Chicago, blues melompat dan ayunan dengan beberapa pengaruh jazz gitar. Blues John Lee Hooker lebih "pribadi", berdasarkan suara berat kasar Hooker disertai dengan gitar listrik tunggal. Meskipun tidak secara langsung dipengaruhi oleh boogie woogie, nya "asyik" gaya kadang-kadang disebut "gitar boogie". Hit pertamanya "Boogie Chillen" mencapai # 1 di tangga lagu R & B pada tahun 1949.
Sejak tahun 1950-an, rawa biru genre yang dikembangkan di dekat Baton Rouge, dengan pemain seperti Slim Harpo, Sam Myers dan Jerry McCain. Rawa biru memiliki kecepatan yang lebih lambat dan penggunaan sederhana dari harmonika dari para pemain gaya musik blues Chicago seperti yang Little Walter atau Muddy Waters. Lagu dari genre ini termasuk "Gores Kembali saya", "Dia Tough" dan "Aku Bee Raja".
Blues pada tahun 1960 dan 1970
Pada awal 1960-an, dipengaruhi oleh genre musik Amerika Afrika seperti rock and roll dan jiwa adalah bagian dari musik populer arus utama. Pemain Putih telah membawa Afrika-Amerika musik ke khalayak baru, baik di AS dan luar negeri. Di Inggris, band ditiru AS biru legenda, dan Inggris blues-rock berbasis band memiliki peran berpengaruh sepanjang tahun 1960. Meskipun blues telah ada selama bertahun-tahun, popularitas blues di Inggris, dan "British Invasion" selanjutnya memainkan peran utama dalam mempopulerkan blues di mainstrem Amerika.
BB King
Blues legenda BB King dengan gitarnya, "Lucille"
Blues pemain seperti John Lee Hooker dan Muddy Waters terus tampil ke khalayak antusias, inspirasi artis baru mendalami musik blues tradisional, seperti New York kelahiran Taj Mahal . John Lee Hooker dicampur biru gayanya dengan elemen rock dan bermain dengan musisi muda putih, menciptakan gaya musik yang dapat didengar pada album Boogie 1971 tanpa ujung. BB King 's teknik gitar virtuoso membuatnya dijuluki "Raja Blues" eponymous . Berbeda dengan gaya Chicago, band Raja digunakan kuningan dukungan yang kuat dari saksofon, terompet, dan trombon, daripada menggunakan gitar slide atau kecapi. Tennessee kelahiran Bobby "Biru" Bland , seperti BB King, juga mengangkangi blues dan R & B genre. Selama periode ini, Freddie Raja dan Raja Albert sering bermain dengan musisi rock dan soul ( Eric Clapton , Booker T & the MGS ) dan memiliki pengaruh besar pada mereka yang gaya musik.
Musik dari Hak Sipil dan gerakan Free Speech di AS mendorong kebangkitan kepentingan dalam akar musik Amerika dan musik awal Amerika Afrika. Selain Jimmi festival Musik Bass seperti Festival Folk Newport membawa musik blues tradisional untuk audiens baru, yang membantu untuk menghidupkan kembali minat pada musik blues sebelum perang akustik dan penyanyi seperti Gedung Anak , Mississippi John Hurt , Skip James, dan Pendeta Gary Davis . Banyak kompilasi blues sebelum perang klasik yang diterbitkan oleh Arsip Yazoo JB Lenoir dari gerakan Blues Chicago pada tahun 1950 tercatat beberapa piringan hitam menggunakan gitar akustik, kadang disertai dengan Willie Dixon pada bass akustik atau drum.. Lagu-lagunya mengomentari isu-isu politik seperti rasisme atau isu Perang Vietnam, yang tidak biasa untuk periode ini. Nya Alabama Blues memiliki rekaman lagu yang menyatakan:
I never will go back to Alabama, that is not the place for me (2x)
Kau tahu mereka membunuh adik saya dan saudara saya,
and the whole world let them peoples go down there free
White audiences' interest in the blues during the 1960s increased due to the Chicago-based Paul Butterfield Blues Band and the British blues movement. The style of British blues developed in the UK, when bands such as Fleetwood Mac , John Mayall & the Bluesbreakers , The Rolling Stones , The Yardbirds , and Cream performed classic blues songs from the Delta or Chicago blues traditions.The British blues musicians of the early 1960s inspired a number of American blues-rock fusion performers, including Canned Heat , Janis Joplin , Johnny Winter , The J. Geils Band , Ry Cooder and The Allman Brothers Band. Many of Led Zeppelin's earlier hits were renditions of traditional blues songs. One blues-rock performer, Jimi Hendrix , was a rarity in his field at the time: a black man who played psychedelic rock. Hendrix was a skilled guitarist, and a pioneer in the innovative use of distortion and feedback in his music. Through these artists and others, blues music influenced the development of rock music.
In the late 1960s, the West Side style blues emerged in Chicago with Magic Sam , Magic Slim and Otis Rush . West Side style has strong rhythmic support from a rhythm guitar, bass electric guitar, and drums. Albert King, Buddy Guy , and Luther Allison had a West Side style that was dominated by amplified electric lead guitar. Since the early 1970s, The Texas rock-blues style emerged which used guitars in both solo and rhythm roles. In contrast with the West Side blues, the Texas style is strongly influenced by the British rock-blues movement. Major artists of the Texas style are Johnny Winter , Stevie Ray Vaughan , The Fabulous Thunderbirds , and ZZ Top. These artists all began their musical journey in the 1970s, but they did not achieve major international success until the next decade.
1980s to the present
Since the 1980s, there has been a resurgence of interest in the blues among a certain part of the African-American population, particularly around Jackson, MS and other deep South regions. Often termed "soul blues" or "Southern Soul," the music at the heart of this movement was given new life by the unexpected success of two particular recordings on the Jackson-based Malaco label: ZZ Hill 's Down Home Blues (1982) and Little Milton 's The Blues is Alright (1984). Contemporary African-American performers who work this vein of the blues include Bobby Rush , Denise LaSalle , Sir Charles Jones , Bettye LaVette , Marvin Sease and Peggy Scott-Adams .
Stevie Ray Vaughan
Texas blues guitarist,
Stevie Ray Vaughan
Selama tahun 1980, blues juga terus dalam bentuk tradisional dan baru. Pada tahun 1986, pembujuk album Kuat mengungkapkan Robert Cray sebagai artis musik blues besar. Yang pertama Stevie Ray Vaughan Texas Flood rekaman dirilis pada tahun 1983, dan gitaris Texas berbasis meledak ke panggung internasional. 1989 melihat kebangkitan popularitas John Lee Hooker dengan album Penyembuh itu. Eric Clapton dikenal karena penampilannya dengan Blues Breakers dan Cream, membuat cerdas pada 1990-an dengan album Unplugged, di mana ia memainkan beberapa nomor biru standar pada gitar akustik.
Pada 1980-an dan 1990-an, blues publikasi seperti Living Blues dan Blues Revue mulai didistribusikan, kota-kota besar mulai membentuk masyarakat blues, musik blues festival di luar ruangan menjadi lebih umum, dan klub malam lebih banyak dan tempat untuk biru muncul.
Pada 1990-an, blues pemain menjelajahi berbagai genre musik, seperti dapat dilihat, misalnya, dari jajaran nominasi Penghargaan Musik Blues tahunan, sebelumnya bernama Penghargaan WC Berguna atau Penghargaan Grammy untuk Blues Kontemporer dan Tradisional Terbaik Album. Kontemporer musik blues yang dipelihara oleh beberapa label musik blues seperti: Rekaman Alligator, Ruf Records, Rekor Catur (AMK), Delmark Records, Musik NorthernBlues, dan Vanguard Records (Artemis Records). Beberapa label terkenal untuk menemukan kembali dan remastering dari langka biru seperti Arhoolie Records, Smithsonian Folkways Recordings (pewaris Records Folkways) dan Yazoo Records (Shanachie Records).
Biru muda seniman saat mengeksplorasi semua aspek dari blues, dari delta klasik untuk lebih berorientasi rock blues, seniman lahir setelah tahun 1970 seperti Sean Costello , John Mayer , Anthony Gomes , Shemekia Copeland , Jonny Lang , Corey Harris, Susan Tedeschi , Joe Bonamassa , Michelle Malone , The White Stripes , Utara Mississippi Allstars , Gracie B, Kunci Hitam , Bob Login III, Jose P dan Hillstomp mengembangkan gaya mereka sendiri. Memphis, Texas berbasis William Daniel McFalls, juga dikenal sebagai "Blues Boy Willie" adalah pemain blues tradisional.
Musik dampak
Blues gaya musik, bentuk (12-bar blues), melodi, dan skala Blues telah mempengaruhi banyak genre lainnya dari musik, seperti rock and roll, jazz, dan musik populer. Terkemuka jazz, folk atau rock pemain, seperti Louis Armstrong, Duke Ellington, Miles Davis, Bob Dylan dan White Stripes telah melakukan rekaman blues yang signifikan. Skala Blues sering digunakan dalam lagu-lagu populer seperti Harold Arlen di "Blues Night", blues ballad seperti "Karena saya Fell untuk Anda" dan "Silahkan Kirim Me Seseorang to Love", dan bahkan dalam orkestra bekerja seperti "Rhapsody George Gershwin in Blue "dan" Concerto dalam F ". Kedua Gershwin "Prelude" untuk piano solo adalah contoh menarik dari blues klasik, mempertahankan bentuk dengan ketatnya akademik.
Skala blues itu di mana-mana dalam musik populer modern dan menginformasikan frame modal, terutama tangga pertiga digunakan dalam musik rock (misalnya, dalam "A Night Hari Hard"). Bentuk Blues digunakan dalam tema ke Batman televisi, hit idola remaja Fabian, "Turn Me longgar", musik musik country Jimmie Rodgers bintang ', dan tekan gitaris / vokalis Tracy Chapman "Give Me One Reason".
R & B musik dapat ditelusuri kembali ke rohaniwan dan blues. Musik, rohaniwan adalah keturunan tradisi New England paduan suara, dan khususnya dari himne Isaac Watts itu, dicampur dengan ritme Afrika dan bentuk panggilan-dan-respon. Spiritual atau nyanyian agama di komunitas Afrika-Amerika yang jauh lebih baik didokumentasikan daripada "rendah-down" blues. Nyanyian rohani dikembangkan karena masyarakat Afrika-Amerika bisa berkumpul untuk pertemuan massa atau ibadah, yang disebut pertemuan kamp.
Bluesmen negara awal seperti Skip James, Charley Patton , Georgia Tom Dorsey dimainkan negara dan blues perkotaan dan berpengaruh dari nyanyian rohani. Dorsey membantu mempopulerkan musik Injil. Musik gospel dikembangkan pada 1930-an, dengan Golden Gate Quartet. Pada tahun 1950, jiwa musik oleh Sam Cooke , Ray Charles dan James Brown digunakan Injil dan elemen musik blues. Pada tahun 1960 dan 1970-an, Injil dan blues adalah ini bergabung pada musik blues jiwa. Funk musik tahun 1970-an dipengaruhi oleh jiwa; funk dapat dilihat sebagai yg di hip-hop dan R & B. kontemporer
Duke Elligton
Duke Ellington mengangkangi band besar dan genre bebop.
Meskipun Ellington adalah seorang seniman jazz, ia menggunakan bentuk biru ekstensif.
Sebelum Perang Dunia II, batas-batas antara blues dan jazz kurang jelas. Biasanya jazz memiliki struktur harmonik berasal dari band kuningan, sedangkan biru memiliki bentuk biru seperti blues 12-bar. Namun, blues melompat dari tahun 1940-an dicampur kedua gaya. Setelah Perang Dunia II, blues memiliki pengaruh besar pada jazz. Bebop klasik, seperti Charlie Parker 's "Sekarang adalah Time", digunakan bentuk blues dengan skala pentatonik dan catatan biru. Bebop menandai perubahan besar dalam peran jazz, dari gaya populer dari musik untuk berdansa, ke "tinggi seni," "musik musisi" kurang diakses, serebral. Para penonton untuk kedua blues dan perpecahan jazz, dan perbatasan antara blues dan jazz menjadi lebih pasti. Artis mengangkangi batas antara jazz dan blues ini dikategorikan ke dalam genre sub-jazz-blues.
Struktur blues 'dua belas bar dan nada blues adalah pengaruh besar pada rock-and-roll musik. Rock-and-roll telah disebut "blues dengan beat kembali". Carl Perkins disebut rockabilly "blues dengan irama negara". Rockabillies juga dikatakan dua belas bar biru bermain dengan beat bluegrass. "Hound Dog", dengan tidak dimodifikasi strukturnya dua belas bar (dalam harmoni dan lirik) dan melodi berpusat pada ketiga flatted tonik (dan flatted ketujuh dari subdominant), adalah lagu blues berubah menjadi rock and roll- lagu. Gaya Jerry Lee Lewis dari Rock 'N Roll' sangat dipengaruhi oleh blues dan boogie woogie turunannya. Gaya musik tidak bisa dibilang rockabilly tetapi telah sering disebut gulungan batu nyata 'n' (ini adalah label dia saham dengan penyanyi gulungan beberapa African American rock 'n').
Musik country Awal diresapi dengan blues. Jimmie Rodgers, Moon Mullican, Bob Wills , Bill Monroe and Hank Williams have all described themselves as blues singers and their music has a blues feel that is different to the country pop of Eddy Arnold. A lot of the 1970s-era "outlaw" country music by Willie Nelson and Waylon Jennings also borrowed from the blues. When Jerry Lee Lewis returned to country after the decline of 1950s style rock 'n' roll, he sang his country with a blues feel and often included blues standards on his albums. Many early rock-and-roll songs are based on blues: "That's All Right Mama", "Johnny B. Goode", "Blue Suede Shoes", "Whole Lotta Shakin' Goin On", "Shake, Rattle, and Roll", and "Long Tall Sally". The early African American rock musicians retained the sexual themes and innuendos of blues music: "Got a gal named Sue, knows just what to do" ("Tutti Frutti", Little Richard) or "See the girl with the red dress on, She can do the Birdland all night long" ("What'd I Say", Ray Charles).
Bob Wills & Nya Texas Playboys - Basin Street Blues
Dalam budaya populer
Tah Mahal
Musik dari Taj Mahal untuk film 1972
Sounder menandai kebangkitan kembali minat pada musik blues akustik.
Seperti musik jazz, rock and roll, musik heavy metal, musik hip hop, reggae, musik country, dan pop, blues telah dituduh sebagai "musik setan" dan menghasut kekerasan dan perilaku buruk lainnya. Pada awal abad 20, blues dianggap jelek, terutama karena khalayak putih mulai mendengarkan blues selama tahun 1920. Pada awal abad kedua puluh, WC Berguna adalah orang pertama yang mempopulerkan blues-dipengaruhi musik di kalangan non-hitam Amerika.
Selama kebangkitan blues dari tahun 1960-an dan 70-an, blues artis akustik Taj Mahal dan Texas bluesman Lightnin 'Hopkins legendaris menulis dan melakukan musik yang menonjol dalam Sounder Film populer dan dipuji secara kritis (1972). Film ini meraih Mahal nominasi Grammy untuk Best Original Score Ditulis untuk Motion Picture dan nominasi BAFTA. Hampir 30 tahun kemudian, Mahal menulis Blues untuk, dan melakukan komposisi banjo, cakar palu gaya, di 2001 rilis film "Catcher Song," yang berfokus pada kisah tentang pelestarian musik akar Appalachia.
Pada tahun 2003, Martin Scorsese melakukan upaya yang signifikan untuk mempromosikan blues ke audiens yang lebih besar. Dia meminta direksi terkenal beberapa seperti Clint Eastwood dan Wim Wenders untuk berpartisipasi dalam serangkaian film dokumenter untuk PBS disebut Blues. Dia juga berpartisipasi dalam membawakan lagu kompilasi dari artis musik blues utama dalam serangkaian berkualitas tinggi CD. Pemenang Grammy biru gitaris dan 'Mo' vokalis Keb dilakukan rendition biru tentang "Amerika, Beautiful" pada tahun 2006 untuk menutup musim terakhir dari serial televisi "Barat
Musik gaya
Selama dekade pertama dari Twentieth Century, musik blues tidak jelas dalam hal perkembangan akord. Ada biru banyak 8-bar bentuk, seperti "Bagaimana Blues Long," "Trouble in Mind," dan Big Bill Broonzy itu "Kunci Highway." Nomor istimewa batangan juga ditemui sesekali, karena dengan perkembangan 9-bar di Howlin 'Wolf "Duduk di Top of the World." Kedua belas-bar dasar lirik kerangka komposisi musik blues ini tercermin dari perkembangan harmonis standar dua belas bar di 4/4 atau (jarang) 2/4 waktu. Blues rendah biasa dimainkan di 12/8 (4 denyut per ukuran dengan 3 subdivisi per mengalahkan).
Pada 1930, dua belas-bar blues menjadi standar. Ada juga akan menjadi biru 16 bar, seperti pada instrumen Ray Charles "Sweet 16 Bar" dan Herbie Hancock "Manusia Semangka." Kord blues terkait untuk dua belas bar blues biasanya satu set tiga akord yang berbeda dimainkan melalui skema dua belas bar, disebut sebagai perkembangan 5 I, IV, V, atau 1, 4, seperti E, A, B , atau B7
Sebuah musik blues 12-bar dibagi menjadi tiga empat-bar segmen. Sebuah perkembangan musik blues standar, atau urutan not, biasanya memiliki tiga akord berdasarkan (ditulis sebagai saya) pertama, keempat (IV), dan kelima (V) catatan dari skala delapan catatan. Akord saya mendominasi empat bar pertama; akord IV biasanya muncul dalam empat bar kedua (walaupun pada contoh di bawah, Elmore James memperkenalkan dalam empat bar pertama), dan akord V dimainkan dalam empat bar ketiga.
12 Bar Blues
Ruang Dawg - 12 Blues Bar
Angka Romawi mengacu pada derajat perkembangan tersebut. Misalnya, jika dimainkan di C, akord akan menjadi sebagai berikut:
12 bAR cHORDS
Ketika akord IV dimainkan di bar 2, blues disebut "Quick-Change" blues.
Dalam contoh ini, C adalah akord tonik, F subdominant. Sebagian besar waktu, beberapa atau semua akord yang dimainkan dalam bentuk (7) harmonik ketujuh. Sering, akord terakhir adalah perputaran (V) yang dominan, menandai transisi ke awal perkembangan berikutnya. Dalam contoh ini, G/G7 adalah penggunaan turnaround.The dari interval ketujuh harmonik adalah karakteristik dari blues dan yang populer disebut "blues tujuh". Pada rasio 7:04, itu tidak dekat dengan interval pada skala diatonis konvensional Barat. Melalui kemudahan atau kebutuhan sering didekati dengan interval ketujuh minor atau akord ketujuh dominan. Lirik umumnya berakhir pada ketukan terakhir dari kesepuluh bar atau ketukan pertama dari bar kesebelas, dan dua terakhir bar yang diberikan kepada instrumentalis sebagai istirahat; keselarasan ini istirahat dua bar, turnaround, bisa sangat kompleks, kadang-kadang terdiri dari catatan tunggal yang menentang analisis dalam hal akord. Denyut akhir, bagaimanapun, adalah hampir selalu sangat didasarkan pada ketujuh dominan (V7), untuk memberikan ketegangan untuk ayat berikutnya.
Dalam melodi, blues dibedakan oleh penggunaan ketiga flatted, kelima dan ketujuh dari skala besar terkait. Catatan ini khusus disebut catatan biru atau bengkok. Ini nada skala dapat mengganti nada skala alam, atau mereka dapat ditambahkan ke skala, seperti dalam kasus dari skala kecil pentatonik Blues, di mana ketiga flatted menggantikan ketiga alam, ketujuh flatted menggantikan ketujuh alam dan flatted kelima ditambahkan antara kelima keempat dan alami alam. Sementara perkembangan dua belas bar harmonik telah sebentar-sebentar digunakan selama berabad-abad, aspek revolusioner blues adalah seringnya penggunaan ketiga flatted, flatted ketujuh, dan bahkan flatted kelima dalam melodi, bersama-sama dengan menghancurkan catatan-playing berbatasan langsung pada saat yang sama waktu (yakni, berkurang kedua)-dan geser, mirip dengan menggunakan catatan rahmat.
Catatan biru memungkinkan untuk saat-saat penting berekspresi selama irama, melodi, dan hiasan dari blues. Dimana tiga garis akhir ayat, misalnya, ada irama jatuh yang mendekati hanya malu tonik, yang menggabungkan jatuhnya sebuah suara yang berbicara dengan bentuk skala Blues dengan cara yang unik ekspresif. Ini jatuh melodi, ditempatkan di perputaran itu, digunakan paling jelas dalam blues sound yang modern Chicago. Sebuah suara yang sama, melisma, terjadi pada Injil dan R & B, tetapi tidak untuk efek yang sama.
Whereas a classical musician will generally play a grace note distinctly, a blues singer or harmonica player will glissando, "crushing" the two notes and then releasing the grace note. In blues chord progressions, the tonic, subdominant and dominant chords are often played as harmonic seventh chords. While the harmonic seventh may be voiced easily on equally tempered instruments like the guitar, it is approximated by means of a minor seventh, which is a third of a semitone higher.) Blues is occasionally played in a minor key, such as in the style of Paul Butterfield. The scale differs little from the traditional minor, except for the occasional use of a flatted fifth in the tonic, often sung or played by the singer or lead instrument with the perfect fifth in the harmony. Janis Joplin's rendition of "Ball and Chain", accompanied by Big Brother and the Holding Company, provides an example of this technique. Minor-key blues is often structured in sixteen bars rather than twelve, in the style of gospel music, as in "St. James Infirmary Blues" and Trixie Smith's "My Man Rocks Me."
Blues shuffles reinforce the trance-like rhythm and call-and-response, and they form a repetitive effect called a groove. The simplest shuffles, used in many postwar electric blues, rock-and-rolls, or early bebops, were a three-note riff on the bass strings of the guitar. When this riff was played over the bass and the drums, the groove "feel" is created. The walking bass is another device that helps to create a groove. The last bar of the chord progression is usually accompanied by a turnaround.
Shuffle rhythm is often vocalized as "dow, da dow, da dow, da" or "dump, da dump, da dump, da", it consists of uneven, or "swung," eighth notes. Pada gitar ini dapat dimainkan sebagai bass yang mantap sederhana atau mungkin menambah catatan bahwa gerakan kuartal bertahap dari kelima keenam dari chord dan punggung. An example is provided by the following guitar tablature for the first four bars of a blues progression in E.
12 Bar Shuffle
Blues in jazz is much different from blues in other types of music. Jazz blues normally stays on the V chord through bars 9 and 10, emphasizing the dominant-tonic resolution over the subdominant-tonic structure of traditional blues. This final VI cadence lends itself to many variations, the most basic of which is the ii-VI progression in bars 9, 10 and 11. From that point, both the dominant approach (ii-V) and the resolution (I) can be altered and "substituted" in a variety of ways, even including abandonment of the I chord altogether (bars 9–12: ii | V | iii, vi | ii, V |). In this case, bars 11 and 12 function as an extended turnaround to the next chorus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar